Senin, 22 Desember 2008

Tugas Public Relations

Tugas Public Relations, mencakup:

· Memberi saran kepada manajemen tentang semua perkembangan internal dan eksternal yang mungkin mempengaruhi hubungan organisasi dengan publik-publiknya.

· Meneliti dan menafsirkan untuk kepentingan organisasi, sikap publik-publik utama pada saat ini atau antisipasi sikap publik-publik utama terhadap organisasi.

· Bekerja sebagai penghubung (liaison) antara manajemen dan publik-publiknya; dan memberi laporan berkala kepada manajemen tentang semua kegiatan yang mempengaruhi hubungan publik dan organisasi, (Iriantara, 2004: 6-7)।

Dan dengan ini seorang PR juga dapat memenuhi target yang pokok Cirle PR Programming & Communication tersebut, yang diraih untuk menggapai target sasaran perusahaan, adalah sebagai berikut :

1. Citra

Citra merupakan tujuan pokok sebuah perusahaan, terciptanya suatu citra perusahaan yang baik dimata khalayak atau publiknya akan banyak menguntungkan misalnya akan menularkan citra yang serupa kepada semua produk barang atau jasa yang dihasilkannya, termasuk bagi para pekerjanya (Employee Relation) akan menjadi suatu kebangaan sendiri, akan menimbulkan sense of belonging terhadap company tempat mereka bekerja.

2. Kepercayaan

Suatu kepercayaan berkaitan erat dengan atau hampir sama dengan istilah citra. Boleh dikatakan citra lebih bersifat abstrak mengenai suatu padangan, persepsi, opini, penilaian secara umum yang mengadung pengertian positif. “Kepercayaan “ tersebut lebih konkret sifatnya, lebih mengarah kepada kesan dan pendapat atau penilaian positif, yang bersifat pandangan pribadi atau individu -individu tersebut terhimpun dalam jumlah public atau masyarakat yang lebih luas akan tercipta suatu citra.

3. Realitas

Tujuan pokok yang hendak dicapai oleh perusahaan atau organisasi, melalui rangkaian PR Programming & Communication tersebut bukan tujuan khalayak atau tanpa hasil yang nyata. tetapi tujuan disini adalah realistis, jelas berwujud, dapat, yang matang dan sistematis. Hasilnya atau keuntungan-keuntungannya bisa dirasakan oleh semua pihak. Semua biaya, tenaga, dan buah pikiran yang telah dikeluarkan tersebut selama ini tidak akan sia-sia dan bisa dilihat imbalannya nanti. Pada akhirnya, moril bagi perusahaan, karyawan, dan khalayak publiknya.

4. Kerjasama yang saling menguntungkan (Mutual Symblosis)

Menciptakan suatu hubungan yang dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak. Baik bagi organisasinya yang himpun maupun organisai yang diajak berkerjasama.

Kegiatan public relations memiliki 5 segmentasi ,yaitu

1. customer relations,

yaitu membangun hubungan dengan pihak luar.

2. employee relations,

yaitu membangun hubungan antara pimpinan dengan karyawan. Sehingga terbentuk kerjasama dan menimulkan kesejahteraan karyawan demi kemajuan perusahaan.

3. community relations,

yaitu membangun hubungan dengan pihak-pihak yang selama ini telah melakukan kerjasama dengan perusahaan yang kita wakili. Selain itu juga menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar tempat perusahaan. Sehingga apabila perusahaan berada dalam masalah, maka masyarakat atau komunitas yang selama ini telah menjalin hubungan baik dengan perusahaan bisa membantu.

4. government relations,

yaitu membangun hubungan baik dengan pihak pemerintah. Dalam artian disini menjaga hubungan baik dengan instansi pemerintah.

5. media relations,

yaitu membangun hubungan baik dengan pihak media cetak maupun elektronik.


Seiring dengan perkembangan jaman yang memacu lajunya teknologi komunikasi informasi, kegiatan PR tidak hanya dilakukan pada media relations yang bersifat konvensional melainkan melalui Internet (International Networking) itu adalah salah satu media publikasi elektronik dengan segudang informasi yang bersifat lokal maupun global। Internet juga dapat dikatakan sebagai jaringan networking yang terdiri dai 30-50 juta pemakai komputer dan puluhanlayanaan servis termasuk e-mail, cahtting, FTP, Mailing List dan World Wide Web.


e-PR adalah kegiatan PR yang dilakukan dalam dunia internet.seluruh kegiatan PR dapat dilakukan didalam internet dari mulai melakukan publikasi sampai melakukan costumer servis.

Tidak ada komentar: