Jumat, 02 Januari 2009

Iklan TV

Kolaborasi PSB dan Bahasa Indonesia : buat iklan TV

Sebagai supporting unit, salah satu tugas PSB adalah memfasilitasi kegiatan belajar mengajar guru. Kali ini PSB berkolaborasi dengan Guru Bahasa Indonesia SMP kelas VII yaitu ibu Susanti untuk menggarap Iklan untuk media elektronik. Standar kompetensi yang ingin dicapai adalah murid mampu mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman.

Proyek yang dimulai pertengahann maret, bertujuan agar murid dapat membuat karya iklan baik iklan layanan masyarakat maupun iklan komersial. Pertemuan pertama dengan bu Susan, para murid mendapat penjelasan umum tentang pengertian pengumuman dan jenis- jenis pengumuman yang salah satunya adalah iklan. Pertemuan kedua dengan pak Dadang (kepala PSB) tentang pembuatan iklan tv. Dengan tampilan yang interaktif, siswa belajar tetang pengetian iklan, jenis-jenis iklan, bedah contoh iklan layanan masyarakat, membuat skenario iklan tv, hingga produksi iklan .

Murid nampak antusias saat menyaksikan contoh-contoh iklan yang ditampilkan, baik iklan layanan masyarakat amaupun iklan komersial. Setelah itu murid bersama kelompoknya membuat skenario iklan lalu shooting, melihat proses editing hingga menjadi sebuah iklan.

Tidak ada komentar: